Rabu, 14 September 2011

SINGLE HAPPY BY PS JEFFREY RACHMAT

Single berarti tunggal, matang, unik dan utuh.

Kita harus utuh terlebih dahulu baik sebelum maupun setelah pernikahan (single forever) karena tujuan kehidupan sendiri adalah kedewasaan. Terkadang para single lebih sibuk untuk mencari pasangan daripada mempersiapkan dirimu dengan baik untuk menjadi pasangan bagi orang lain, padahal Pernikahan itu sendiri hanya bisa sebaik dengan dua orang yang terlibat didalamnya. Tujuan hidup kita yang paling penting adalah menjadi tunggal atau utuh.

Fase kehidupan pada manusia :
-          Fase dependen            : Fase dimana kita bergantung kepada orang lain (balita, anak
  kecil)
-          Fase independen         : Fase kemandirian dimana kita tidak bergantung pada orang  
  lain (dewasa muda)
-          Fase interdependen     : Fase dimana 2 orang yang mandiri memutuskan untuk hidup
  Bersama dan bekerja sama

Namun yang biasanya dijual oleh Hollywood adalah “You Complete Me” (Tom Cruise – Jerry Maguire) Itu adalah falsafah yang salah karena seharusnya kita single atau utuh. Dalam hidup ini kita harus jadi gelas yang berisi penuh bukan yang berisi setengah. Gelas yang berisi setengah dan kemudian menikah dgn gelas yang berisi setengah juga nantinya akan menimbulkan masalah. Karena yang setengah akan melengkapi gelas yang lain tapi dirinya sendiri kosong. Jika kita penuh maka gelas yang lain tidak akan kekurangan namun justru airnya meluap dan akan menjadi berkat untuk sekitarnya.

Dalam bahasa inggris – Confluence atau pernikahan berarti pertemuan antara dua aliran besar.
Perlu diingat bahwa keberhasilan hidup adalah bukan mencari atau mendapatkan pasangan.

Markus 12: 30-31 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. 
Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." 

Kedua hokum tersebut adalah yang terutama – this is the center of law
Ketika Tuhan bilang hal ini bukan berarti bahwa Dia kekurangan kasih karena Tuhan sendiri adalah kasih. Kita harus mengenal dan mengasihi Tuhan terlebih dahulu baru kita bisa mengenal dan mengasihi diri sendiri. Dengan menyadari keindahan penciptaan kita maka kita tidak perlu lagi membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
Ketika kita mengasihi Tuhan à mengasihi diri sendiri àmengasihi orang lain
Hubungan apapun tidak akan menjadi baik apabila kita tidak bisa mengasihi diri sendiri karena jika kita tidak nyaman dengan diri kita sendiri maka hubungan tersebut hanya bersifat mengambil.
Pertanyaan pertama yang harus diajukan pada saat pacaran bukan “Do you love me?” tapi justru “Do you love you?”

Amsal 4 : 23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 
Ayat ini mengatakan bahwa kehidupan kita adalah permasalahan hati dan bukan kecantikan fisik saja. It’s not your beauty, it’s your heart . Ayat ini juga secara jelas menegaskan bahwa yang harus dijaga adalah hatimu dan bukan hati pacarmu. Hubungan juga berarti bisa memimpin diri sendiri. Bayangkan kalo setiap hati kita yang harus menjaga hati pacar supaya tidak marah, betapa capenya kita karena bukan tugas utama kita untuk menjaga hati orang lain.

Bisa menjaga hati artinya mencapai kedewasaan yang diikuti dengan sikap mandiri, penguasaan diri, dan berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu.
Ilustrasi : Jika preview filmnya jelek maka kita juga akan tahu bahwa filmnya jelek à what you see is what you get

Yang perlu diingat lagi adalah bahwa tidak ada keajaiban di altar (there’s no magic in the isle)

Ilustrasi : Sepasang suami istri yang baru menikah beberapa bulan menemui pastor Jeff untuk meminta saran karena mereka memutuskan untuk bercerai. Suami si perempuan selingkuh. Kemudian pastor Jeff menginterogasi si istri yang kemudian mengaku bahwa sebelum menikah mereka sebelumnya sudah berhubungan badan. Inti ceritanya bahwa jika anda belum menjadi utuh (baca: dewasa) maka tidak ada penguasaan diri, jika sebelum nikah tidak ada penguasaan diri maka tidak ada jaminan setelah nikah akan bisa menguasai diri.

Sebelum mencari pacar, kita harus mengembangkan diri kita sedemikian rupa agar single atau utuh jika tidak maka suatu hari nanti seseorang akan menjadi terluka karenanya.

Coz your marriage will be good as your single life and your relationship as good as you are.

Amsal 25: 28 Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya

I Kor 7 : 28 Tetapi, kalau engkau kawin, engkau tidak berdosa. Dan kalau seorang gadis kawin, ia tidak berbuat dosa. Tetapi orang-orang yang demikian akan ditimpa kesusahan badani dan aku mau menghindarkan kamu dari kesusahan itu. 

Dalam terjemahan BIS dikatakan jika kawin akan ada banyak kesusahan atau terjemahan lain dari message bible yang mengatakan bahwa “in marriage you add additional stress to already stressful time”
Jangan sibuk cari pasangan terbaik namun kita juga harus menjadi yang terbaik. Pemain sekelas David Beckham atau Wayne Rooney tidak akan mau main di persipura namun mereka akan main di liga yang terbaik. Seringkali kita yang buruk minta yang terbaik sama Tuhan. Tapi yang harus kita tahu bahwa Tuhan itu adil, jika kita ingin dapat yang terbaik maka kita harus meningkatkan kemampuan kita untuk masuk dalam lingkaran yang terbaik.

Marriage tidak sama dengan Happiness atau kebahagiaan. Kebahagiaan adalah mengenal pencipta dan diri kita sendiri. Anda tidak perlu menikah untuk menjadi bahagia.Di Matius 19, Yesus berbicara tentang pria dan wanita dalam pernikahan namun saat Yesus memberikan nasihatnya, lihatlah apa pendapat para muridnya.

Matius 19: 10 Murid-murid itu berkata kepada-Nya: "Jika demikian halnya hubungan antara suami dan isteri, lebih baik jangan kawin." 
Matius 19 tidak menakuti kita tentang pernikahan namun justru member peringatan jika kita mau menikah harus benar-benar dipikirkan serius karena menikah adalah sesuatu yang permanen, tiket satu kali jalan tanpa ada kemungkinan kembali ke tempat semula.

Pengkhotbah 3 : 1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. 
Untuk segala hal ada waktunya. Jika saat ini anda single maka nikmatilah waktu tersebut selama kita bisa karena kita tidak akan pernah kembali lagi.

ABOUT SEX
Sex is not the problem, Sex is wonderful karena Tuhan yang menciptakannya tetapi yang menjadi masalah adalah timingnya (waktu untuk melakukannya) Sex bukan hanya perkara fisik namun juga spiritual

Amsal 6 : 20-28 Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.  Tambatkanlah senantiasa semuanya itu pada hatimu, kalungkanlah pada lehermu.  Jikalau engkau berjalan, engkau akan dipimpinnya, jikalau engkau berbaring, engkau akan dijaganya, jikalau engkau bangun, engkau akan disapanya.  Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan,  yang melindungi engkau terhadap perempuan jahat, terhadap kelicikan lidah perempuan asing. Janganlah menginginkan kecantikannya dalam hatimu, janganlah terpikat oleh bulu matanya.  Karena bagi seorang sundal sepotong rotilah yang penting, tetapi isteri orang lain memburu nyawa yang berharga.  Dapatkah orang membawa api dalam gelumbung baju dengan tidak terbakar pakaiannya?  Atau dapatkah orang berjalan di atas bara, dengan tidak hangus kakinya? 

Ayat diatas menceritakan bahwa kita akan selalu mendapatkan konsekuensi dari segala hal yang kita lakukan terutama jika kita melakukan sex sebelum waktunya. Lakban atau isolasi atau amplop paling melekat ketika pertama kali digunakan. Itulah yang terjadi dengan sex. Bukan karena Tuhan tidak gaul makanya dia melarang sex diluar nikah tapi karena Dia yang menciptakan dan Dia tahu kapan waktunya yang paling tepat. Dalam sebuah hubungan (baca: pernikahan) sex berkaitan dengan masalah kepercayaan. Itu sebabnya sangat penting bagi kita untuk mengenali diri kita sendiri.

Terkadang wanita haus dibelai, disentuh maupun dipeluk karena ia merasa butuh dicintai namun tanpa perempuan sadari hal-hal tersebut akan berujung pada nafsu lelaki karena lelaki dipenuhi hormon testosterone yang mudah sekali terangsang.

Markus 14 :38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."

2 Tim 2: 22 Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. 
Pentingnya melihat dan mencocokkan karakter pasanganmu. Kita harus melihat pasangan kita ditempat yang terang bukan dikamar gelap.

Amsal 6 : 32 Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri. 

Sex itu lebih pada apa yang terjadi di antara 2 telinga daripada hanya sekadar di selangkangan. Sex tersebut terjadi dalam otak kita. Sex pra nikah membuktikan bahwa kita tidak berakal budi dan kita menghancurkan diri sendiri. Pernikahan bukan tentang cincin namun tentang perjanjian darah. Perempuan dilahirkan dalam kondisi tersegel attau tertutup (baca: selaput dara) ketika segel tersebut dibuka maka akan mengeluarkan darah.

Ulangan 22 : 13-21 "Apabila seseorang mengambil isteri dan setelah menghampiri perempuan itu, menjadi benci kepadanya,  menuduhkan kepadanya perbuatan yang kurang senonoh dan membusukkan namanya dengan berkata: Perempuan ini kuambil menjadi isteriku, tetapi ketika ia kuhampiri, tidak ada kudapati padanya tanda-tanda keperawanan-- maka haruslah ayah dan ibu gadis itu memperlihatkan tanda-tanda keperawanan gadis itu kepada para tua-tua kota di pintu gerbang.  Dan ayah si gadis haruslah berkata kepada para tua-tua itu: Aku telah memberikan anakku kepada laki-laki ini menjadi isterinya, lalu ia menjadi benci kepadanya,  dan ketahuilah, ia menuduhkan perbuatan yang kurang senonoh dengan berkata: Tidak ada kudapati tanda-tanda keperawanan pada anakmu. Tetapi inilah tanda-tanda keperawanan anakku itu. Lalu haruslah mereka membentangkan kain itu di depan para tua-tua kota.  Maka haruslah para tua-tua kota itu mengambil laki-laki itu, menghajar dia,  mendenda dia seratus syikal perak dan memberikan perak itu kepada ayah si gadis--karena laki-laki itu telah membusukkan nama seorang perawan Israel. Perempuan itu haruslah tetap menjadi isterinya; selama hidupnya tidak boleh laki-laki itu menyuruh dia pergi.  Tetapi jika tuduhan itu benar dan tidak didapati tanda-tanda keperawanan pada si gadis,  maka haruslah si gadis dibawa ke luar ke depan pintu rumah ayahnya, dan orang-orang sekotanya haruslah melempari dia dengan batu, sehingga mati--sebab dia telah menodai orang Israel dengan bersundal di rumah ayahnya. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu. 

Dalam cerita diatas kita belajar bahwa jika sex tersebut dilakukan lebih cepat (sebelum menikah) maka ayah dan ibu/ orangtua juga akan dibuat susah oleh perbuatan kita. Jaman disekitar kita boleh berubah namun manual booknya/ aturan mainnya tetap sama. Jika sex pra nikah dilakukan maka pihak yang paling menderita (dalam perjanjian lama akan dirajam sampai mati) sehingga “hai perempuan, jagalah dirimu baik-baik”

BAGAIMANA CARANYA JADI JOMBLO BAHAGIA?
  1. Kembangkan hubungan dengan Tuhan karena itu adalah satu-satunya sumber
Cintai masuk dan berada dalam hadirat Tuhan karena Tuhan yang paling tahu rencana yang hebat yang sudah disiapkan-Nya untuk kita.
  1. Temukan kekuatan kita, temukan gairahmu dan gali potensimu sedemikian rupa
Namun ingatlah ini, suatu hari saat kau tengah berlari, kau temukan ada yang berlari bersama denganmu kearah dan tujuan yang sama maka kau harus mempertimbangkannya.
  1. Temukan pertemanan yang sehat (dimana kau bisa mengembangkan hubunganmu dengan Tuhan dan sekaligus bisa mengembangkan potensimu)
  2. Nikmati masa dimana kita berada atau dengan kata lain LIFE TO ITS FULLNESS
Sebagian orang seringkali berkata tentang adanya puber kedua, mengapa? Karena mereka belum memenuhi puber mereka saat pertama kali (saat mereka muda) dan ini lebih bahaya karena puber kedua selalu datang saat orang tersebut sudah dilimpahi uang dan kekuasaan. (kalo puber pertama meski punya duit namun masih berada dalam pengawasan orang tua)
  1. Save some money coz dating is costly

TIPS  CEPAT SAAT BERKENCAN
Ketika berkencan, anda harus mengetahui posisi dimana anda berada (baca: mengerti siapa orang yang anda kencani) maka
-          Ask the right question... Tanyakan pertanyaan yang tepat .
Matius 15 : 18-19 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.  Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat. 
Dari mulut kita akan bisa mengetahui karakter seseorang, anda akan bisa melihat isi hati mereka. (asking question is not a sign of weakness but a sign of strength)
-          Jika berbeda keyakinan maka langsung tinggalkan
2 Kor 6 : 13-15 Maka sekarang, supaya timbal balik--aku berkata seperti kepada anak-anakku--:Bukalah hati kamu selebar-lebarnya!  Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?  Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya? 
-          Menjaga kekudusan sesuai firman Tuhan
Mazmur 119: 9 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu

Selamat menikmati masa jomblo anda dan yakinlah Tuhan tahu kapan waktu yang tepat mempertemukan kita dengan jodoh kita.
...Tuhan memberkati

(Ps Jeffrey Rachmat adalah Senior Pastor di Jakarta Praise Community and Church)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar